Kamis, 22 Desember 2011

Air Zam-Zam

Bagi anda yang beragama muslim pastilah sudah tau tentang air ini. Ya, sumur zam-zam yang terletak di tengah Masjidil Haram ini seolah-olah tak ada habisnya. Setiap tahun sumur ini seakan-akan "dieksploitasi" oleh jamaah haji maupun jamaah umrah yang berkunjung tiap waktu. Sungguh suatu keajaiban yang tak tergambarkan, Zam-Zam. Walaupun setiap tahunnya diambil oleh orang dari seluruh dunia, tetapi tidak pernah surut airnya. Ada apa di balik keajaiban Zam-Zam?

Zamzam dalam bahasa Arab berarti banyak; melimpah-limpah. Air zamzam merupakan air suci bagi umat Islam. Air zamzam yang berlimpah merupakan mukjizat yang tidak bisa diingkari. Sejak masa Nabi Ibrahim AS hingga kini, mata air tersebut tidak pernah kering.

Dalam sebuah hadits shahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut air zam-zam,
“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” (HR. Muslim dalam Kitab Keutamaan Para Sahabat, Bab Keutamaan Abu Dzar, no. 4520.)

Termasuk sunnah adalah meminum beberapa dari air tersebut sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi SAW karena di dalam air tersebut terdapat keberkahan. Air tersebut bisa menjadi makanan yang baik dan makanan yang diberkahi. Air tersebut disyari’atkan untuk dinikmati jika memang mudah didapatkan sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi SAW. Air tersebut juga bisa digunakan untuk berwudhu. Air tersebut bisa digunakan untuk beristinja’ (membersihkan kotoran setelah buang air). Air tersebut juga bisa digunakan untuk mandi junub jika memang ada kebutuhan untuk menggunakannya.

Nikmat Allah, yakni salah satu nikmat Allah bagi para jamaah haji yang langsung bisa merasakan nikmatnya air di tengah-tengah padang pasir.  Penuh berkah karena Rasulullah SAW senang meminumnya dan tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur zamzam. Air ini juga mengenyangkan serta menghilangkan dahaga. Dapat juga digunakan sebagai air penyembuh penyakit, baik penyakit jiwa atau batin maupun penyakit jasmani. Rasulullah SAW menyebutnya, "mengobati penyakit." Banyak kisah dan riwayat tentang hal ini sebagai bukti kebenaran hadis tersebut.

Sumurnya sendiri sudah dilindungi dengan ruang kaca bundar dimana yang kelihatan hanya pipa stainless steel 10 inchi dari pompa submersible yang berkapasitas 765 meter kubic per jam dengan berbagai instrument dan kontrol listrik. Dari foto satellite, dibawah gurun Saudi terlihat ada 3 sumber (salah satunya Laut Mati atau Laut Merah) yang berbeda, kemudian bersatu menuju kesatu titik di bawah Ka’bah. Kemudian terlihat pula dibawah gurun tadi air Zam-Zam mengalami proses penyaringan melalui pori-pori yang sangat unik, menyerap puluhan mineral dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia ( baru ditemukan 10 mineral) dengan konsentrasi yang pas. Karena banyaknya ion, mineral dan zat yang bermanfaat didalam air Zam-Zam, maka dalam kemasannya tidak dicantumkan lagi kandungan air Zam-Zam. (Dikutip dari mfaroz.blogspot.com)

Itulah berbagai keutamaan dan khasiat dari air zam-zam. Minumlah air ini sebanyak-banyaknya karena memiliki kandungan yang lebih dari sekedar minuman kesehatan atau isotonik biasa.

2 komentar:

  1. ayo coba gan. mau titip ta? ta' beliin di ampel (jiwa bisnis)

    BalasHapus