Minggu, 18 Desember 2011

Kepribadian Melankolis

Setelah menjelaskan tentang tipe kepribadian Phlegmatis di postingan saya sebelumnya, maka sekarang saya akan menjelaskan tentang tipe kepribadian melankolis. Orang yang melankolis cenderung tertutup, pemurung, introvert dan pesimis. Tipe kepribadian ini bersebrangan dengan tipe Sanguin. Untuk lebih jelasnya, saya akan lebih menjabarkannya dibawah.


Melankolis cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka sangat suka dengan data-data, fakta-fakta, angka-angka dan seringkali mereka memikirkan sesuatu secara mendalam. Dalam pembicaraan, orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, dan mempertimbangkan. Kalaupun ia berbicara, pastilah apa yang ia katakan adalah hasil pemikirannya yang sangat matang. Melankolis memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, dan sensitif pula.

Melankolis juga cenderung serius dan tekun dalam bekerja. Biasanya mereka termasuk orang-orang yang jenius. Mereka juga sangat kreatif terutama di bidang artistik dan musikal. Mereka juga sangat perasa kepada orang lain. Dalam bekerja, seorang melankolis adalah tipe pekerja yang perfeksionis dan berstandar tinggi. Mereka sangat berorientasi terhadap jadwal yang dibuat. Mereka termasuk orang yang tertib dan terorganisasi. Mereka juga selalu ingin menyelesaikan apa yang mereka mulai. Seorang melankolis sangat gigih dan cermat. Mereka mampu menganalisa permasalahan secara mendalam dan sering menemukan penyelesaian yang kreatif.

Dalam memilih teman, mereka sangat selektif. Mereka juga tidak ingin menjadi perhatian. Namun melankolis termasuk pribadi yang setia dan mau mendengarkan serta menyelesaikan masalah orang lain. Mereka sangat perhatian dengan teman. Yang paling khas dari melankolis adalah terharu jika melihat air mata. Perasaan mereka sangat peka. Maka dari itu mereka cenderung penuh belas kasihan terhadap orang lain.

Apakah anda termasuk orang yang berkepribadian Melankolis?

4 komentar:

  1. Hwa, fotonya sama, mas
    orang melankolis ya..
    cocok, mad
    :D

    BalasHapus
  2. eh iya. hehe. aku plegmatis-melankolis kok

    BalasHapus
  3. ahmad orangnya suka nangis tp gaya tok :D

    BalasHapus
  4. opo ren, aku ga pernah nangis kok :')

    BalasHapus