Senin, 05 Desember 2011

PATRIOT (Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, Tanggung Jawab)


Ketika mendengar kata patriot, kita pasti akan langsung teringat pada kepahlawanan atau perjuangan yang keras untuk membela Negara. Patriot juga berhubungan dengan rasa nasionalisme. Namun patriot yang akan saya bahas bukan mengenai hal tersebut, Patriot disini adalah tema LKMM Pra-TD tahun ini yaitu kependekan dari prestatif, aktif, tanggap, kritis, visioner dan tanggung jawab. Enam hal tersebut mutlak harus dimiliki oleh mahasiswa jaman sekarang ini. Mahasiswa yang memiliki keenam hal tersebut dapat dikatakan sebagai mahasiswa sesungguhnya. Oleh karena itu saya akan membahas keenam hal tersebut.
Pertama-tama adalah prestatif dan aktif. Pribadi yang aktif, dan prestatif sangat diperlukan oleh seorang mahasiswa. Karena sikap - sikap tersebut nantinya akan sangat berguna dalam mendukung tingkat kesuksesan seorang mahasiswa. Dan sikap tersebut juga akan sangat berguna dalam persaingan di dunia kerja. Selanjutnya adalah seorang mahasiswa harus memiliki pribadi yang aktif dan prestatif, artinya seorang mahasiswa harus selalu berpikir maju, dan aktif. Pikiran maju adalah kerja keras dan tidak cepat puas diri dalam mencapai masa depan yang lebih baik. Disini mahasiswa harus membuat inovasi – inovasi baru serta aktif bergerak dalam mendukung kemajuan bangsa dan negara. Berpikir dan bekerja secara prestatif merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting dengan pribadi tangguh. Berpikir dan bekerja secara prestatif merupakan modal dasar untuk keberhasilan seorang mahasiswa. Dimana seorang mahasiswa harus mau berjuang dan memiliki semangat tinggi, serta gigih dalam menghadapi tantangan. Untuk memperoleh kesuksesan yang kita inginkan, semua sikap – sikap tersebut harus dirangkum menjadi satu dan yang paling penting adalah dilaksanakan.

Hal selanjutnya yaitu sikap tanggap. Untuk membentuk pribadi yang tanggap seorang mahasiswa harus mulai mau untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Dengan melihat keadaan sekitarnya, diharapkan seorang mahasiswa mampu menemukan dan mengenali permasalahan yang sedang terjadi. Di sinilah mahasiswa harus berani dan mau untuk turun tangan mencoba mengatasi permasalahan tersebut. Dengan membiasakan perilaku ini, mahasiswa bisa menjadi pribadi yang tanggap terhadap masalah yang sedang terjadi disekitarnya. Kemudian mahasiswa harus mulai memperluas perhatiannya terhadap hal-hal lain yang mencangkup lingkungan yang lebih besar seperti lingkup Negara dan bangsa yang nantinya akan erat sekali hubungannya dengan peran dan fungsi mahasiswa sebagai social control dan moral force. Dimana dengan memiliki pribadi yang tanggap mahasiswa dapat dengan cepat menemukan suatu penyimpangan yang akan atau sudah terjadi sebelum menjadi polemik di negeri ini.

Untuk lanjutnya, nantikan tulisan saya tentang "Patriot" part 2. Tulisan tersebut akan membahas lebih lanjut tentang masalah kritis, visioner dan tanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar