Senin, 19 Desember 2011

Kepribadian Koleris

Setelah membahas tipe kepribadian Melankolis dan Phlegmatis di tulisan saya sebelumnya, kini waktunya masuk untuk membahas kepribadian Koleris. Secara garis besar, orang koleris biasanya termasuk pribadi yang keras, semangat dan memiliki jiwa kepemimpinan. Untuk lebih lengkapnya akan saya jelaskan lebih lanjut.

Orang koleris dikenal sebagai orang yang keras, tegas, dan sangat menuntut. Mereka memiliki energi besar untuk melakukan hal-hal sulit, memiliki dorongan dan keyakinan yang kuat akan kemampuan diri mereka. Mereka pantang menyerah, tidak ada yang namanya kegagalan dalam kamus mereka. Bila mereka gagal, meraka akan terus mencoba dan mencoba lagi. Dan siapa pun yang berusaha menghalangi niatnya untuk mencapai tujuan akan dianggap sebagai musuhnya.

Orang yang memiliki tipe koleris yang kuat adalah orang yang berjiwa pemimpin. Bahkan sejak bayi anak yang bertipe koleris itu sudah menunjukan jiwa pemimpinnya. Orang koleris percaya bahwa dirinya dilahirkan menjadi pemimpin dan selalu tampil di depan menjadi pemimpin kelompok dalam kegiatan. Mereka adalah orang yang suka dan sangat tertantang untuk melaksanakan suatu tugas besar, suka mendapat peran penting dan memegang wewenang.

Orang koleris yang kuat kerap sekali menyendiri tetapi itu bukan atas kemauannya, mereka akan bekerja lebih baik apabila mereka dapat menyingkirkan orang lain sebagai hambatannya. Tipe koleris yang kuat ini dapat mengorganisir dengan baik, merata dan teratur. Mereka sangat teratur dan merupakan ahli organisasi yang cepat dan praktis. Orang koleris selain memiliki keinginan yang sangat kuat, juga cenderung sangat yakin pada kemampuan diri mereka sendiri serta sangat mandiri. Mereka tidak suka diperintah oleh orang lain, tetapi suka memberikan perintah. Tidak suka orang yang plin-plan, banyak bicara, tetapi tidak produktif. Seorang koleris yang kuat sangat unggul dalam keadaan darurat, mereka menjadi pemimpin ketika dalam keadaan darurat. Orang koleris yang kuat akan mengubah apa saja yang mereka liat tidak pada tempatnya, dan akan mengkoreksi apa saja hal yang tidak benar. Mereka tidak peduli dan masa bodoh terhadap orang-orang yang tidak setuju dengannya.

Orang koleris memang tekadang kurang bijaksana. Dalam bertindak, Mereka sering kali bisa menjadi sangat marah terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang mereka anggap bodoh. Dan kalau sudah marah, mereka bisa sangat kasar dalam berbicara (sarkastis). Mereka dapat menghancurkan Anda hanya dengan menggunakan kata-katanya. Mereka juga mudah memaafkan orang lain, mudah melupakan kemarahannya walau pun mereka penuh temperamen dan mudah marah.

Tipe kepribadian Koleris-kah anda? Jika tidak, maka cari tahu tipe pribadi anda di postingan saya yang lainnya.

2 komentar: