Rabu, 13 Juni 2012

Expert System



Ketika hendak membuat suatu keputusan yang komplek atau memecahkan masalah, seringkali kita meminta nasehat atau berkonsultasi dengan seorang pakar atau ahli. Seorang pakar adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman spesifik dalam suatu bidang; misalnya pakar komputer, pakar ekonomi, pakar politik dan lain-lain. Itu hanya masalah-masalah yang terstruktur, tapi jika masalahnya tidak terstruktur, pasti lebih mahal lagi dan lebih sulit konsultasi yang dibutuhkan.

Expert System (Sistem Pakar) adalah usaha untuk menirukan seorang pakar. Biasanya Expert System berupa perangkat lunak pengambil keputusan yang mampu menyamai kualitas seorang pakar di bidangnya. Prinsip dasarnya yaitu keahlian atau pengetahuan seseorang yang ahli ditransfer dan disimpan dalam komputer, dan pengguna dapat berkonsultasi pada komputer itu untuk suatu nasehat, lalu komputer dapat mengambil kesimpulan atau pengamatan seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke pengguna yang request tadi, bisa pula dengan alasan-alasannya. Expert System malahan terkadang lebih baik kerjanya daripada seorang pakar biasa dan mulai menggantikan mereka.



Kepakaran atau keahlian adalah pengetahuan yang luas maupun yang spesifik yang dapat diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, bahkan pengalaman yang didapatkan sehari-hari. Pengetahuan tersebut membuat seorang pakar dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat daripada non-pakar atau orang awam dalam memecahkan masalah tertentu. Tujuan Expert System adalah untuk mentransfer keahlianan dari seorang pakar ke komputer, kemudian ditransfer lagi ke orang lain (yang bukan pakar di bidangnya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar