Rabu, 13 Juni 2012

Management Information System



Management Information System atau Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang sangat berhubungan dengan kegiatan manajemen. MIS menghasilkan hasil output dengan menggunakan input-input dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan-tujuan dalam suatu kegiatan manajemen. MIS yang sering ditemui contohnya Sistem Informasi Accounting, pembelian, penjualan dan bahkan sistem-sistem informasi yang ada di rumah sakit.

Tujuan dari dipakainya sistem ini ialah menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, ataupun tujuan lainnya yang diinginkan manajemen. MIS juga menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian,dan perbaikan agar bisa dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu ada tujuan yang lebih penting lagi yaitu menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan-keputusan yang akan dilakukan oleh pihak manajemen.



Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar