Senin, 11 Juni 2012

What is Information System?


Saat saya masuk di Jurusan Sistem Informasi, saya masih belum tahu apa arti dari Sistem Informasi itu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, tepatnya di semester dua ini barulah saya mendapatkan Mata Kuliah Pengantar Sistem Informasi. Pada saat mengikuti Mata Kuliah ini barulah saya mulai menemukan apa itu pengertian dari Sistem Informasi.

Kita akan mulai membahas kata pertama yaitu Sistem, sistem itu sendiri kan memiliki arti sebagai beberapa komponen yang berkaitan satu sama lain yang memiliki tujuan yang sama atau ingin mencapai sesuatu yang sama. Komponen-komponen dari sistem antara lain yaitu Input, Output, Proses dan Feedback. Feedback tersebut sangat berguna untuk mengubah aktivitas input ataupun proses agar menghasilkan output yang sempurna dan sesuai tujuan. Jika digambarkan kira-kira seperti inilah jadinya.




Sedangkan Informasi ialah kumpulan dari fakta-fakta atau data yang memiliki arti lebih dibanding dengan jika data itu berdiri sendiri. Intinya Informasi itu lebih bermanfaat lah, atau lebih gampang dipahami ketimbang data. Sedangkan informasi yang sudah diolah menjadi sebuah pemahaman, yang berguna untuk melakukan hal-hal yang lebih spesifik lagi itu dinamakan dengan Knowledge.

Nah dari peninjauan segi bahasa tadi kita dapat menyimpulkan apa itu pengertian sebenarnya dari Sistem Informasi. Sistem Informasi ialah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berkaitan dimana komponen-komponen tersebut bertugas untuk mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan sebuah data atau informasi. Sistem Informasi juga menerima Feedback untuk membantu tercapainya tujuan dari aktivitas-aktivitas di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar