Selasa, 12 Juni 2012

Specialized Information System

Jika anda pertama kali membuka halaman beranda Facebook, pada kolom sebelah kanan akan sering muncul sebuah saran, atau biasa kita kenal dengan judul "Teman yang mungkin Anda kenal". Kadang-kadang saran dari Facebook itu mempertemukan kita dengan teman asli namun belum ada dalam friend list kita. Tidak jarang pula kadang-kadang saran tersebut tidak masuk akal atau orang yang disarankan itu tidak kita kenal sama sekali. Sebenarnya bagaimana cara kerja fitur tersebut?

Fitur Suggestion merupakan implementasi dari Specialized Information System. Sistem informasi ini memang khusus, tugasnya lebih spesifik dan tidak semua lembaga atau instansi memakainya. Contoh lain dari SIS ialah analisa sidik jari, ada pula face detector yang dapat mengenali wajah maupun yang sering kita lihat seperti barcode di pusat-pusat perbelanjaan.



Kembali lagi ke fitur Suggestion. Sebenarnya fitur ini tidak hanya digunakan di jejaring sosial terbesar di dunia itu saja, situs-situs raksasa lainnya pun tidak kalah dalam penerapan teknologi ini. Kita lihat saja Youtube, jika kita melihat sebuah video tertentu maka di sampingnya ada deretan video lain yang "related". Youtube bisa saja mengenali itu lewat tags yang ada di tiap video ataupun judul video yang hampir mirip.


Lain lagi dengan amazon.com, salah satu situs jual beli terbesar di dunia yang menyediakan berbagai kebutuhan anda di dunia maya. Dalam web ini, fitur suggestion juga diterapkan dan sangat penting manfaatnya. Ketika kita ingin membeli suatu barang tertentu, maka kita akan ditawarkan barang lainnya yang sejenis atau yang kategorinya hampir sama. Kadang-kadang bisa dapat barang yang sama dengan harga yang lebih murah lhoo..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar