Rabu, 21 Desember 2011

Jinten Hitam (Habbatussauda')

Jinten hitam atau juga biasa di panggil Habbatussauda' merupakan tanaman obat dengan khasiat yang dahsyat. Tanaman ini digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Rasulullah SAW juga sangat menganjurkan untuk berobat dengan tanaman yang memiliki biji hitam ini. Dalam salah satu hadistnya beliau bersabda bahwa jinten hitam ini merupakan obat dari segala penyakit kecuali kematian dan patah tulang.


Habbatussauda banyak dikenal dengan berbagai nama di dunia, diantaranya black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, kaluduru, dll. Digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi dan tercatat dalam banyak literatur kuno mengenai ahli pengobatan terdahulu seperti Ibnu Sina (980 - 1037 M), dan Al-Biruni (973-1048 M), Al-Antiki, Ibnu Qayyim dan Al-Baghdadi. Ibnu Sina adalah peneliti jenius dari Timur Tengah di bidang pengobatan yang namanya tercatat di semua buku sejarah pengobatan timur maupun barat, hidup antara 980 - 1037 M, telah meneliti berbagai manfaat Habbatussauda untuk kesehatan dan pengobatan. Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscoredes, pada abad pertama Masehi juga telah mencatat manfaat habbatussauda untuk mengobati sakit kepala dan saluran pernafasan.

Diantara beberapa manfaat dari jinten hitam ialah memperkuat sistem kekebalan tubuh dari virus, bakteri dan kuman. Tanaman ini juga dapat mengebalkan tubuh dari sel-sel kanker, bahkan HIV. Manfaat lain dari tanaman ini ialah meningkatkan fungsi otak serta menyembuhkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Selain itu ialah habbatussauda' dapat mengatasi gangguan tidur dan mengobati stres.

Itulah cerita singkat dan beberapa manfaat dari jinten hitam atau habbatussauda'. Gunakanlah selalu obat-obatan alami yang jelas khasiatnya, seperti jinten hitam ini. Rasakanlah khasiatnya. Satu lagi saran dari saya, sebaiknya tambah madu dan minyak zaitun dalam mengkonsumsi jinten hitam, maka manfaat dan khasiatnya akan semakin manjur.

2 komentar: