Rabu, 21 Desember 2011

Jurusan Sistem Informasi ITS

Akhir juli 2011, saat-saat pengumuman SNMPTN. Saya melihat pengumuman di internet malam itu. Alangkah bahagianya ketika muncul tulisan "Selamat, anda diterima di jurusan Sistem Informasi ITS". Syukur alhamdulillah terucap kepada Allah SWT karena masih diberi kesempatan untuk berkuliah di kampus yang menurut saya favorit di Surabaya. Tapi muncul pertanyaan, apakah jurusan Sistem Informasi itu? Ketika saya mencari tahu, ternyata jurusan ini sedikit berbeda dengan Teknik Informatika walaupun sama-sama dinaungi oleh Fakultas Teknologi Informasi. Sistem Informasi lebih ke arah manajemen Teknologi Informasi itu sendiri. Sedangkan Teknik Informatika, katanya, lebih cenderung untuk terus di depan komputer dengan baris-baris kode pemogramannya. Setelah mengetahui itu saya malah bersyukur tidak diterima di Teknik Informatika. Saya bangga dengan jurusan saya sekarang yaitu Sistem Informasi, karena saya rasa jurusan ini yang paling tepat untuk mengantarkan saya kepada impian saya yaitu menjadi Enterpreneur muda dan sukses. Ya, di jurusan Sistem Informasi juga ada mata kuliah bisnis selain cuma belajar komputer dengan segala "coding"nya. Ternyata semua itu ada hikmahnya.


Kita sudahi dulu basa-basinya. Sekarang saya akan mengajak anda untuk sedikit melihat-lihat tempat kuliah saya. Kampus SI relatif kecil dengan jumlah kelas yang terbatas. Ruang kelas yang dimiliki hanya terdapat delapan buah, dari TC-101 sampai TC-108. Tempatnya juga bercampur dengan jurusan tetangga yaitu Teknik Industri. Inilah sekilas gambar-gambar kelas di Jurusan Sistem Informasi.
Ruangan kelasnya pun relatif nyaman dengan beberapa fasilitas penunjang kuliah antara lain sebuah proyektor untuk menampilkan slide show. Di beberapa kelas juga terdapat seperangkat sound system untuk digunakan sesuai keperluan. Suhu dalam kegiatan belajar mengajar juga selalu dibuat nyaman dengan terdapat beberapa AC di setiap kelasnya.
Sperti jurusan-jurusan lain, Sistem Informasi juga memiliki Plasa sebagai pusat kampus. Tempat ini sering digunakan mahasiswa untuk sekedar duduk-duduk atau internet dengan menggunakan fasilitas wi-fi. Di plasa juga terdapat beberapa mading yang menjadi sumber info-info penting para mahasiswa. Inilah beberapa gambarnya.
Sistem Informasi juga memiliki yang namanya Plasa Garden. Tempat ini adalah venue mata kuliah Keterampilan Interpersonal outdoor. Tempat ini lumayan bagus dengan dihiasi beberapa tanaman yang rindang. Inilah sekilas penampakannya.
Namun yang sedikit saya sayangkan adalah kebersihan yang kurang dijaga. Masih sering terlihat banyak sampah yang berserakan di sekitar kampus. Tidak hanya bungkus-bungkus makanan yang "diwariskan" oleh beberapa mahasiswa, di beberapa tempat juga sering terlihat beberapa penampakan properti aneh atau tidak jelas yang semestinya tidak perlu ada di sebuah kampus. Seperti ini contohnya,
 Sebenarnya hal ini bukan hanya tanggung jawab cleaning service atau petugas kebersihan semata. Namun perlu kesadaran pula dari kita sebagai mahasiswa untuk membuang sampah sembarangan. Hal ini juga akan berdampak kepada kenyamanan belajar para mahasiswa. Jika ada tamu pun kita tidak akan malu dengan hal-hal kecil seperti ini.

Itulah sekilas tentang jurusan saya tercinta, Sistem Informasi. Bagi anda para pembaca yang bukan mahasiswa disini janganlah sungkan-sungkan untuk berkunjung untuk sekedar melihat-lihat bagaimana keadaan kampus saya yang kecil ini, namun Insya Allah dapat menghasilkan sarjana-sarjana "besar" yang dapat membawa Indonesia jauh lebih maju. Vivat SI!!

3 komentar: