Kamis, 22 Desember 2011

Limbo - Puzzle Game

Limbo adalah contoh sempurna dari perpaduan ketiga hal yang penting dalam game yaitu visualisasi, gameplay, dan suara, menyatu secara harmonis, menciptakan sesuatu yang menakjubkan. Game ini hadir tanpa kata-kata, tanpa dialog, dan tanpa penjelasan, tapi berhasil membuat pemain mengerti maksud dari game ini, bahkan lebih mudah dimengerti daripada game kebanyakan. Limbo adalah game bergenre puzzle-platformer, yang hadir dengan tampilan 2D hitam putih, dan merupakan salah satu game multiplatform terbaik tahun ini , baik itu di PS3, Xbox 360, maupun PC.


Didalam game, pemain memerankan seorang anak kecil yang tiba-tiba saja terbangun di hutan, tanpa mengenali siapa dirinya, bagaimana bisa sampai dihutan itu, dan juga tidak tahu mau kemana. Pemain diharuskan untuk mencari tahu apa yang ada dan juga terjadi di hutan itu, sampai akhirnya pemain menyadari bahwa hutan itu adalah tempat yang sangat berbahaya, dan tujuan pemain pun menjadi jelas setelah tahu bahwa keadaan tidak aman, yaitu segera melarikan diri dari hutan. Tidak ada scene yang terpotong ataupun tampilan loading yang menghentikan aksi pemain, membuat pemain lebih mudah untuk segera melarikan diri dari dunia Limbo yang mencekam. Dari awal sama akhir permainan, game ini tidak ada henti-hentinya menghadirkan kejutan, hal yang menyenangkan, dan juga hal yang mengerikan kepada pemain.

Ada sedikit kejanggalan pada alur cerita game. Pada awal permainan, pemain akan dihadapkan dengan banyak makhluk yang menarik. Setelah melewati bagian itu, pemain akan berada pada kawasan industri yang sepi. Teka-teki yang ada didalam game akan berkembang menjadi lebih menarik dan lebih rumit, tapi hilangnya bentuk kehidupan lain membuat hubungan emosional pemain dengan game menjadi berkurang. Akhir cerita Limbo bisa membuat pemain merinding, salah satu ending game terbaik dapat pemain lihat di game ini. Pada bagian akhir permainan, pemain akan menemukan teka-teki yang semakin banyak untuk diselesaikan, lalu petualangan pemain akan berakhir secara tiba-tiba.

Karakter pemain akan sering mengalami kematian didalam game ini. Tapi jangan khawatir, pemain tidak akan dibuat frustasi karena hal ini. Pengembang game ini menggambarkan game Limbo memang seperti sebuah game "coba dan mati". Ketika pemain menjelajah didalam hutan, pemain akan dihadapkan dengan rintangan yang sering kali membunuh karakter pemain secara tiba-tiba dengan cara yang amat mengerikan. Pemain akan sering melihat adegan seorang anak kecil yang terpenggal oleh perangkap beruang, tapi setelah karakter pemain mati, karakter pemain akan dihidupkan kembali tepat sebelum perangkap tersebut memenggal kepala karakter pemain, sehinggap pemain bisa memikirkan cara yang tepat untuk menghindari perangkap itu. Game ini merupakan game yang cerdas yang pada akhirnya menjadi game yang cukup sulit untuk diselesaikan. Pemain dijamin akan betah berdiam diri didepan layar selama lima sampai enam jam untuk menyelesaikan game ini. Game ini memang memiliki gameplay yang tidak panjang, tapi menghadirkan gameplay yang sangat apik.

Limbo adalah game yang pantas mendapat penghargaan. Hanya ada sedikit game saat ini yang memiliki gameplay yang berbeda, dan juga ide yang cemerlang seperti yang dihadirkan Limbo. Game ini layak untuk dikoleksi oleh semua orang. Petualangan yang ada di Limbo memang sangat singkat, tapi pemain akan terhibur disetiap menitnya. Limbo adalah salah satu game yang dapat dengan mudah disukai banyak orang.

Sediakan waktu luang untuk mencoba game ini!!

5 komentar:

  1. mad ada yang lebih seru dari limbo.
    "poniyem" mad.hahaha

    BalasHapus
  2. mau limbo 1 atau limbo 2 yang penting limbo!

    Firman: game poniyem tersesat di hutan ta? haha

    BalasHapus
  3. tersesat neng liponsos.haha
    blogmu sek tok terusne mad??haha

    BalasHapus