Rabu, 21 Desember 2011

Pro Evolution Soccer 2012 vs FIFA 2012

Nah, pasti sebagian dari anda bingung untuk memutuskan mana yang lebih baik diantara dua game ini. Setelah saya sudah membahas review kedua game ini sebelumnya, saya akan mencoba untuk membandingkan beberapa fitur dari kedua game ini sebagai info saja untuk anda. Silahkan disimak.


Kedua game ini memang satu aliran tapi bukan satu perusahaan produksi. Pro Evolution Soccer atau yang sering disebut PES merupakan produk dari Konami sedangkan FIFA hasil karya dari EA (Electronic Arts). Banyak orang mempunyai pendapat mereka masing-masing masalah kualitas antara PES dan FIFA. Ada yang beranggapan bahwa PES lebih baik dari FIFA ataupun sebaliknya.

Grafis Pemain
PES lebih detail dalam menggambarkan pemainnya, misalnya : bulu dan otot para pemain sangat terlihat nyata, saya sendiri sangat menyukai detail gambar dari PES. Bahkan ketika pemain sedang teriak, otot lehernya terlihat detail dan nyata. Sebaliknya untuk FIFA, grafis pemainnya terlalu mulus dan kaku sehingga pemain lebih terlihat seperti boneka dari plastik.

Grafis Gameplay
PES menurut saya kurang detail dan fokus ketika pertandingan berjalan. Sehingga permainan. Dalam segi scoreboard dan informasi pertandingan, PES masih terlihat jelas sedang bermain game. Untuk FIFA12, sangat bagus dalam segi gameplaynya, termasuk pencahayaan dan detail ketika pertandingan berlangsung. FIFA juga sangat bagus dalam statistik, info, score, dan time pertandingan sehingga kita seperti sedang menonton TV dengan efek-efek statistik yang lebih elegan.


Sedangkan untuk segi gameplay dan kontrol pemain, kedua game sebenarnya sudah lebih baik ketimbang versi-versi sebelumnya. Gerakan pemain terlihat semakin nyata dengan handling yang lebih adaptif baik di FIFA maupun PES. Namun menurut saya, permainan FIFA lebih baik ketimbang PES. Mungkin ini karena fitur Player Impact Engine yang ditanamkan di game ini. Sehingga menurut penilaian saya, FIFA tetaplah yang lebih baik.

Itulah sekilas perbandingan antara PES2012 dengan FIFA12. Perbandingan ini dapat berbeda menurut penilaian anda masing-masing. Tulisan ini sekedar pengamatan dari seorang awam seperti saya dalam dunia game.

2 komentar:

  1. tapi fifa ada sedikit bug.nya mas bro...

    coba cek di youtube tentang andy carrol yang mencium kiper setelah mencetak gol...
    hahaha

    BalasHapus