Rabu, 21 Desember 2011

Review Game : PES 2012

Kali ini saya akan membahas sedikit review saya tentang game Pro Evolution Soccer 2012. Game ini memang kompetitor dari game sepak bola lainnya yaitu FIFA12. Di postingan saya yang sebelumnya tersebut, sebenarnya saya memang lebih mengunggulkan FIFA ketimbang PES ini. Nah, tulisan saya kali ini hanya sebatas menilai bagaimana PES itu sebenarnya dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya.


PES 2012 sudah dirilis pada bulan Oktober 2011 untuk PlayStation 3, Xbox 360, PC, Wii, PSP dan PS2. Untuk PES 2012 konon katanya tidak hanya menampilkan sistem permainan yang semakin realistis, tapi juga ditambahkan sejumlah fitur baru yang belum pernah ada di versi sebelumnya.

Pro Evolution Soccer merupakan game besutan dari Konami, perusahaan yang sudah menghasilkan beberapa game berkualitas lainnya. Sebenarnya game ini juga menyuguhkan gameplay yang semakin nyata. Grafis yang diberikan sebenarnya lebih unggul ketimbang FIFA12. Grafis pemain dalam gameplaynya terllihat begitu halus begitu pula dari segi lapangan dan penonton.
Menurut Shingo Takatsuka, perancang game PES, “Bagi saya, tujuan utama PES adalah membuat pemain seolah-olah sedang menonton pertandingan sesungguhnya di televisi. Hanya saja ini dimainkan gamer lewat konsol, kami dan tim akan terus bekerja keras agar PES 2012 dapat tampil sebaik mungkin, lebih realistis, mengesankan, menantang dan tetap mengusung beragam teknologi terkini”.
Beberapa fitur baru tersebut diantaranya adanya sebuah fitur baru yang memungkikan pemain dapat mengendalikan dua karakter sekaligus. Kendali seperti ini berada dalam Teammate Control System yang memiliki 2 modus permainan, Assisted mode dan Manual Mode.

Assisted mode, tujuan modus ini adalah ingin membawa gamer agar terbiasa dengan Teammate Control System. Pemain hanya perlu menggunakan stick analog sebelah kanan untuk mengendalikan pemain lain. Sedangkan manual mode, diperuntukan bagi gamer yang ingin merasakan kebebasan sepenuhnya mengendalikan dua pemain sekaligus.
PES 2012 diklaim menggunakan Artificial intelligence (AI) yang semakin pintar. Pemain dengan timnya akan terlihat lebih kompak, cepat beraksi ketika mendapat bola, kompak dan efektif dalam menyerang , kebebasan bergerak, speed pemain juga telah ditingkatkan dan dimodifikasi supaya terlihat lebih alami, kontrol pemain dan kerjasama dengan tim dan masih banyak lagi, dan semua itu dikemas dalam tampilan yang lebih alami yang akan menghasilkan permainan yang luar biasa. Karena beberapa hal itulah kita seperti melihat permainan yang sesungguhnya ketika memainkan game ini.

Itulah sekilas tentang game Pro Evolution Soccer. Game bola dengan gameplay dan grafis mendekati nyata. Game ini merupakan game wajib untuk para gamers sejati. Jadi, rasakan sensasi dalam memainkannya.

3 komentar: